M

Indik ISI Bali

Sejarah

Pengantar

Akreditasi

Visi dan Misi

Struktur Organisasi

SAKIP

JDIH

Penghargaan

PPID

Aguron-guron

Fakultas Seni Pertunjukan (FSP)

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Program Pascasarjana

Program Internasional

Alumni

Saselah

Penelitian, Penciptaan dan Diseminasi Seni dan Desain

Saselah Disertasi (PDD)

Saselah Pasubayan

Saselah Kompetensi Nasional

Sewaka Praja

Bali Citta Swabudaya (BCS)

Bali Citta Pradesa (BCP)

Kompetisi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Kompetisi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Program Studi

SENI PEDALANGAN

seseleh

Program Studi Seni Pedalangan inggih punika silih sinunggil program studi unggulan ring Institut Seni Indonesia (ISI) Bali sane madue peran strategis ring utsawa nglestariang kalih nglimbakang tradisi seni pewayangan pinaka tetamian budaya Nusantara. Antuk ngawigunayang kaluwihan tradisi Bali, kahanan sosial budaya, miwah kawentenan Bali pinaka pusat seni dan pariwisata dunia, program studi puniki rauh pinaka wadah akademik sane nenten wantah nyutetang indik pelestarian, sakemaon naler inovasi lan pangelimbak seni pedalangan ring wewidangan lokal, nasional, wiadin internasional. Ring sor puniki inggian kawentenan sane nlatarang indik kahanan lan pangelimbak Program Studi Seni Pedalangan ISI Bali:
1. Kawentenan Program Studi Seni Pedalangan sane madue kawigunan strategis ring pulo Bali, katuju ring pariindikan inggih punika Bali pinaka pusat budaya sane madue daya tarik global. Kahanan sosiokultural Bali pinaka genah tetujon wisata sane madasar antuk budaya madue pakilitan sane becik ring kawentenan program Studi Seni Pedalangan pinaka Lembaga Pendidikan Seni.
2. Seni Pedalangan/ Pewayangan Bali sampun kaloktah ring Nusantara miwah ring dura negara. Makudang-kudang soroh wayang kulit sampun nglimbak ring sawewengkon Bali, Nusantara, ngantos ring dura negara, manados Tri Pramana ring kawentenan pakriyan Program Studi Seni Pedalangan ri sahananing nincapang sapamargin Program Studi Seni
3. Para Janane ring Bali sane maceciren sosio-religius meweh pisan kapalasang sareng makudang-kudang ekspresi Seni Budaya. Ring sajeroning tetuek para janane magama Hindu, nenten wenten upacara/ karya sane kasengguh paripurna tan pa kajangkepin antuk sesolahan/ wali igel-igelan, wayang, miwah reriptan/ pakardin sane marupa seni rupa ritual. Makasami puniki ngawetuang kahanan sane becik ring kalestarian seni pedalangan.
4. Pinaka silih sinunggil kesenian Bali sane kawentenannyane dahat nincap ring kauripan para janane, Seni Pedalangan madruwe paiketan sane rumaket ring kawigunan ritual keagamaan, taler pinaka wahana estetik para janane. Pinaka pratiwimbanyane, makeh kauningin wenten bebasan sane ngangge sarana seni. pedalangan inggian ring rupa instrumen/ gegamelan (gender wayang), tetembangan, bebasan siosan (antawacana basa Bali lan basa Jawi Kuno), seni rupa (tatahan miwah sungging wayang).
5. Ring kauripan pariwisata ring Bali, Seni Pedalangan madue bebuat dahat mautama majeng ring kawentenan Seni Budaya Bali. Makudang-kudang pewayangan Bali sane nglimbak minakadi ring universitas miwah kantor perwakilan Indonesia ring dura negara wiakti marupa selah becik sane prasida akeh kamolihang jagi anggen nglimbakang seni budaya Bali ring undagan internasional.
6. Program Studi Seni Pedalangan ISI Bali sampun madruwe struktur pamong sane becik, efektif lan efisien kasarengin antuk tetuek pakaryan ring soang-soang undaganjabatan.

7. Tata Kelola utawi managemen Program Studi Seni Pedalangan FSP ISI Bali kamargiang antuk prinsip demokratis lan ngamargiang sane mawasta azas kredibilitas, transparansi, akuntabel, bertanggung jawab, lan adil.
8. Program Studi Seni Pedalangan setata ngamargiang pangremba karya sareng unit penjaminan mutu ring wewengkon institusi ritatkalaning ngawas, ngevaluasi miwah nincapang kualitas utawi mutu Prodi
9. Program Studi Seni Pedalangan sampun madue system informasi akademik miwah administrasi malarapan antuk ambaralaya anggen ngabih pelayanan sane efektif lan efisien
10. Sumber daya manusia sane marupa dosen, laboran, miwah staf administrasi karemba lan mawiguna aktif ring sajeroning pamargi ngelola Prodi Seni Pedalangan.

VISI

Pada tahun 2025 menjadi pusat kreativitas akademik dan pengembangan teater
tradisional Seni Pedalangan/Pewayangan menuju kualitas unggul.

MISI

  • Meningkatkan mutu dan proses pembelajaran berbasis penelitian teater tradisional Seni
    Pedalangan/Pewayangan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas
    sebagai pengkaji dan pencipta Seni Pedalangan/ Pewayangan;
  • Mengembangkan misi akademik bidang teater tradisional Seni Pedalangan/ Pewayangan
    hingga mencapai lintas institusi pendidikan, lintas lembaga terkait bahkan lintas
    negara/bangsa;
  • Mengkaji seni pedalangan/pewayangan sebagai kerangka teori (theoretical framework)
    dalam membangun analisis, dan pengetahuan serta keterampilan khusus bidang
    pedalangan/pewayangan secara mendalam;
  • Mengembangkan misi akademik bidang teater tradisional Seni Pedalangan/ Pewayangan
    hingga mencapai lintas institusi pendidikan, lintas lembaga terkait bahkan lintas
    negara/bangsa;
  • Melacak, menggali, memformulasikan, menguji, dan melahirkan konsep-konsep estetika,
    metode artistik, ilmu pengetahuan dan teori tentang Pedalangan/Pewayangan yang
    memenuhi kaidah-kaidah persyaratan ontologi, epistemologi, dan aksiologi.
  • Mengaplikasikan teori-teori penciptaan seni sebagai kearifan lokal yang valid ke dalam
    pengkajian dan penciptaan karya seni pedalangan/pewayangan;
  • Mengembangkan kehidupan atmosfir akademik yang sehat, jujur, disiplin, adil, dan
    bertanggungjawab sesuai aturan dan norma-norma yang berlaku.
  • Menyelenggarakan pengabdian dengan meningkatkan relevansi program bagi kebutuhan
    masyarakat (stakeholder dalam maupun luar negeri) yang selaras dengan tujuan Program
    Studi Seni Pedalangan dengan mengoptimal-kan inspirasi ‘sengatan’ seniman alam
    sebagai acuan spesialisasi pendidikan seni yang meneguhkan originalitas karakter dan
    identitas diri.
  • Mengaplikasikan teori-teori cipta seni dan pengkajian seni dari kearifan lokal yang valid
    dan akurat ke dalam kreativitas estetik akademik dengan meng-optimalkan sumber daya
    yang ada.
  • Membina kehidupan akademik yang sehat, benar, adil, dan secara bersama-sama
    mengembangkan kepatuhan terbuka terhadap aturan ataupun norma-norma yang berlaku.
  • Meningkatkan kualitas SDM secara berkelanjutan dengan memberikan pendidikan dan
    pelatihan alternatif (kewirausahaan) kepada mahasiswa, sehingga mampu meraih peluang
    pasar kerja lokal, nasional, dan global.

STRUKTUR ORGANISASI

KOORDINATOR PROGRAM STUDI

I Gusti Ngurah Gumana Putra, S.S., M.Hum

PRANATA LABORATORIUM

Ni Nyoman Nik Suasti, S.Sn

STAF PROGRAM STUDI

Ni Luh Putu Bonytha Purwaningrat, S.S

DOSEN

Profil Lulusan

Program Studi Seni Pedalangan madue karakter sane khusus yening saihang sareng program studi sane pateh ring perguruan tinggi sane tiosan. Unteng utama sane ngwangun dasar peplajahan inggih punika keragaman jati diri budaya Indonesia taler kautaman seni lokal lan pewayangan Bali sane sampun ngamolihang pengakuan internasional. Budaya Nusantara lan panglimbak seni budaya ring jagat naler mawiguna pinaka unsur paweweh ring sajeroning nglimbakang kaweruhan. Berpikir lokal lan bertindak global (Think locally and Act Globally), inggih punika slogan sane ngabih pakahyunan / pola piker lan perspektif Program studi Seni Pedalangan FSP ISI Bali. Program Studi Seni Pedalangan negesang indik integrasi teori lan praktik kreatif sane kadasarin antuk keragaman budaya lokal Bali lan Indonesia sane kabuatang ring jagat Industri seni pertunjukan wayang. Program puniki kakaryanin mangda prasida ngamedalang calon manggala/ pemimpin ring industri kreatif sane taler pacang nagingin repertoar para seniman dalang unggulan ring Bali ri pariindikan seni pedalangan. Kualifikasi Program Studi Seni Pedalangan inggih punika gelar sarjana (S1) sane madue kompetensi ngresepang, nyelehin, nglimbakang, lan nglaksanayang kaweruhan indik seni pedalangan dados keunikan karya, kadasarin antuk keragaman budaya lokal Bali lan Indonesia, lan prasida dados titi budaya Wangsa Indonesia ring budaya global, nganutin sane kaperluang ring industri seni pedalangan/pewayangan mangda prasida nyugihang/ memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sane manut ring panglimbak zaman.

Nganutin visi Program Studi Seni Pedalangan, raris karumusang pitung (7) wangun profil lulusan Program Studi Seni Pedalangan, inggih punika: Mahasisya sane lulus saking Program Studi Seni Pedalangan salanturnyane pacang madue karir dados dalang professional, peneliti, dosen, pengusaha, pengamat seni lan budaya, miwah pangawi.

Dalang Profesional

Prasida makarya dados dalang professional, inggian ring perusahaan wiadin swasta, taler nyarengin ngaturang ayah ring para jana/ masyarakat

Guru lan Dosen

Prasida makarya dados akademisi, pamekas dados guru utawi
dosen ring lembaga pendidikan formal miwah nonformal

Peneliti

Prasida makarya dados panilik antuk kawagedan kreatif tradisional miwah digital manut ring kabuatan industry kesenian pamekasnyane ring seni pedalangan/ pewayangan

Enterpreneur

Prasida makarya dados direktur seni miwah pengusaha kerajinan sane madue memurdan indik pewayangan

Pemerhati Seni dan Budaya

Prasida makarya dados illustrator seni malarapan antuk kreasi nggangen teknik manual lan digital taler dados kritikus seni lan
budaya

Pangawi / Penulis Sastra Kawi

Prasida makarya dados pangawi / panyurat kriya sastra, ngresepang aspek budaya, sejarah, tren, bisnis, miwah teknik produksi ring seni pedalangan/ pewayangan

Seniman Multitalenta

Prasida makarya dados seniman tari, seniman music/ gamelan tradisional Bali, seniman gender wayang, seniman ukiran/ tatah sungging wayang, pelukis, seniman drama tradisional Bali, wartawan, kritikus, utawi kurator sane madue wawasan lan kaweruhan indik industri pedalangan/ pewayangan

Dosen

Program Studi Seni Pedalangan

Dru Hendro, S.Sen., M.Si.

Dru Hendro, S.Sen., M.Si., lahir di Sukoharjo pada 21 Juli 1964. Sebagai seorang Dosen Prodi Seni Pedalangan ISI Bali, Ia menempuh pendidikan S-1 Seni Pedalangan di STSI Surakarta dan melanjutkan studi S-2 Kajian Budaya di Universitas Udayana. Ia telah menghasilkan berbagai karya seni, termasuk pakeliran padat Suryatmaja – Surtikanthi dan Sang Guru Sejati. Kontribusi akademiknya melibuti pendidikan, penelitian, dan pengabdian juga terlihat dalam penelitian tentang Makna Ruwatan Wayang Cupak dan buku-buku seperti Pertunjukan Wayang Ceng Blonk Era Pandemi. Selain itu, ia aktif dalam pembinaan kesenian, khususnya pada Paguyuban Ngeksigondo Denpasar, serta menerima Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI.

Hanolda Gema Akbar M.Sn

Hanolda Gema Akbar M.Sn, Lahir di Karanganyar, pada 16 Agustus 1995. Profesi menjadi Dosen dan mulai Aktif mengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar pada Tahun 2025 sampai sekarang yang telah menjadi ISI Bali. Kemudian menyelesaikan Program Studi S2 Seni mengambil minat Pengkajian Seni di ISI Surakarta tahun 2018. Walaupun sebagai Dosen Tetap di Prodi Seni Pedalangan juga pernah mengajar lintas Fakultas ISI Bali. Adapun berbagai macam partisipasi dalam dunia penulisan yang bersifat buku teks untuk jenjang sekolah dan penulisan karya ilmiah antara lain Antropologi untuk kelas XI dan XII tahun 2023 yang diterbitkan oleh PT. Merdeka Belajar Plus, Dasar-Dasar Broadcasting dan Perfilman untuk kelas X pada tahun 2022 yang diterbitkan oleh CV. Media Karya Putra dan Kreativitas Ari Wulu sebagai DJ dalam EDM (Electric Music Dance) (2018).

I Bagus Wijna Bratanatyam

I Bagus Wijna Bratanatyam, lahir 18 April 1989 di Sukawati, Bali. Meraih pendidikan akademik jenjang S2 Program Magister Seni di ISI Denpasar (2013). Bidang keahlian Seni Pedalangan. Prestasi yang diperoleh Juara 1 Festival Wayang Kulit Parwa Se-Bali 2013. Sepuluh tahun terakhir kerapkali sebagai dalang/narator pagelaran kolosal di Festival Seni Daerah dan Tingkat Nasional. Pengalaman Penelitian “Karakterisasi Anoman Wayang Kulit Ramayana Gaya Sukawati” (2017). Penciptaan Seni Teater Wayang “Garuda Mahawira” di Taman Budaya Nusa Tenggara Barat (2024). Kegiatan Pengabdian Masyarakat Rekontruksi Wayang Wong Pesalakan, Pejeng (2024). Telah menulis artikel diberbagai Jurnal Nasional dan mengapresiasi peristiwa seni pertunjukan melalui opini di media masa.

Dr. I Dewa Ketut Wicaksana, SSP., M.Hum.

Dr. I Dewa Ketut Wicaksana, SSP., M.Hum., adalah figur dosen di Program Studi Seni Pedalangan yang memiliki rekam jejak akademik, manajerial, dan artistik yang solid. Terlahir pada 22 Januari 1964, Ia meraih gelar Sarjana Seni Pedalangan dari STSI Denpasar, Magister Humaniora dari Universitas Gadjah Mada, dan gelar doktor dari Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Keahliannya mencakup pengetahuan pedalangan, literatur pedalangan, hingga kritik pedalangan, aktif dalam penelitian dan penulisan buku ajar, di antaranya mengenai wayang kulit, filsafat seni, dan tradisi sastra. Di samping itu, pengalamannya sebagai Ketua Jurusan hingga Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua menunjukkan dedikasi dan kepemimpinan yang kuat dalam pengembangan seni dan pendidikan. Dedikasinya dalam membimbing mahasiswa serta kontribusinya pada organisasi profesional seperti PEPADI semakin menegaskan peran vitalnya dalam menjaga dan memajukan seni pedalangan di Indonesia.

I Dewa Ketut Wicaksandita, S.Sn., M.Sn.

I Dewa Ketut Wicaksandita, S.Sn., M.Sn., lahir di Seleman pada 20 Maret 1995. Ia adalah seorang dosen di Program Studi Seni Pedalangan. I Dewa Ketut Wicaksandita memiliki latar belakang pendidikan S-1 dan S-2 dari ISI Bali. Dengan minat akademik dalam, studi seni pertunjukan, estetika Hindu. Penelitiannya berfokus pada studi dan pengembangan wayang kulit Bali, khususnya dimensi filosofis, teks, dan ritualnya. Beberapa hasil penelitianya telah di muat di jurnal nasional terindeks seperti Jurnal Panggung, Jurnal Penelitian Agama Hindu, dan Jurnal Damar Pedalangan Selain pekerjaan akademisnya, ia juga praktisi pedalangan wayang parwa dan Ramayana Bali. Karya ilmiahnya mencerminkan komitmen kuat terhadap pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan filologi, studi budaya, dan analisis pertunjukan, sementara praktiknya sebagai dalang (dalang) memperkaya penelitiannya dengan wawasan artistik yang autentik

I Gusti Ngurah Gumana Putra, S.S., M.Hum.

I Gusti Ngurah Gumana Putra, S.S., M.Hum. Merupakan seorang dosen di Program Studi Seni Pedalangan sejak April 2015. Pendidikan yang telah ditempuh yakni Sarjana pada Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Udayana pada 2005 dan lulus pada 2009, kemudian pada 2011 melanjutkan pendidikan di Program Magister Universitas Udayana dengan konsentrasi bidang ilmu Linguistik Murni dan lulus pada 2014. Fokus bidang ilmu selama menjadi pengajar di Prodi Seni Pedalangan berkaitan dengan Bahasa dan Sastra. Selama menjadi pengajar dia melaksanakan beberapa penelitian yang berkaitan dengan kombinasi antara seni Pedalangan dengan bahasa. Adapun beberapa penelitian tersebut adalah tentang Aneka Rupa Retorika dalam Pertunjukan Wayang Cenk Blonk.

I Kadek Widnyana, SSP., M.Si.

Lahir di Selisihan Klungkung, 27 Desember 1966. Pendidikan terakhir Magister Kajian Budaya Unud Denpasar 2006, Sedang menempuh Program Studi Seni Program Doktor ISI Bali tahun 2023. Jabatan Fungsional Lektor Kepala, Jabatan Wakil Dekan III FSP ISI Bali. Piagam penghargaan : Sertifikat Kompetensi Seni Pertunjukan, No. 90021 2659 0 0004204 2024, 19 Sept 2024 dan Satya Lencana Karya Satyanugraha XXX (2025). Karya: Penata Wayang Inovasi sebagai Sarana Edikasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 “Sang Kala Corona” ISI Denpasar (2021). Penata Drama Monolog “Nan Bebek” Bulan Menari Prodi Tari ISI Denpasar (2023) Lekesan Vol. 7 No. 1, 2024, “Innovation of Wayang Performance ThroughCinema and Theater Techniques as New Media”. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: “AlamSebagai Daya Cipta Seni“Vol. 4 (2024). Proceedings Bali Bhuwana Waskita: Global Art and Creativity Conference 2024, Volume 4, pages 120-127, The Existence of “Nginang” as a Social and Theological Study of Puppetry in Bali.

Dr. I Ketut Sudiana, S.Sn., M.Sn.

Lahir di Sukawati, 29 Maret 1970. Pendidikan terakhir Doktor Penciptaan Seni ISI Denpasar (2022), Bidang Pedalangan, prodi Seni Pedalangan. Jabatan Fungsional Lektor. Piagam Literasi Digital Pemerintahan kepada ASN Makin Cakap Digital oleh Direktorat Informatika, Kementerian Kominfo, 27 Maret 2024. PiagamWija Kusuma Madya oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar, 19 April 2023. Karya: Penciptaan Seni Drama Tari dan Wayang (Sendratawa) Grenyem Leak. 2010 DIPA ISI Denpasar Pencipta Karya Teater Wayang Inovatif Korawa Dharma (2016), Presenter Seminar Internasional Doctorate Arts Program ISI Denpasar (2018). Presenter Seminar Internasional dan Pameran “Art, Cross Culture, and Colaboration” (2019). Penciptaan Karya Seni Wayang Wahya Kelir Tanpa Batas (2022)

Dr. I Made Marajaya, SSP.,M.Si

Penelitian : (1) Pertunjukan Wayang Cenk Blonk Sebagai Media dalam Menyebarluaskan Program Pemerintah di Era Globalisasi (2013); (2) Makna Ruwatan Wayang Cupak Dalang I Wayan Suaji (2020); (3) Pertunjukan Wayang Cenk Blonk Sebagai Media Sosialisasi Covid-19 (2021); (4) Struktur Lakon Setubanda dalam Pementasan Wayang Wong Griya Jelantik Delod Pasar Sanur Kauh. Karya Ilmiah : (1) Actualisation of Pewayangan Values in Bali (2024); (2) Wayang Cenk Blonk dalam pembangunan (2024); (3) Wayang Parwa Gaya Bebadungan (2025); (4) Embodying the Living Corpse: Intermedial Adaptation in Balinese” Calonarang” Shadow Theatre (2025).

Dr. I Made Sidia, SSP., M.Sn

Lahir di Bona Kelod, 16 Maret 1967. Pendidikan terakhir Doktor ISI Bali tahun 2025, Penciptaan Seni bidang Pedalangan. Jabatan Fungsional Lektor Kepala. Piagam penghargaan : koreografer Pergelaran Seni budaya Indonesia di Dubai (2022), koreografer Pergelaran Seni Budaya, Cina (2022), Penghargaan Dharma Kusuma dari Gubernur Bali (2024). Karya: Brand New Balinese Water Puuetry “The Floting Subadra” Jurnal Internasional bereputasi (2021), The Balinese Traditional Performance as a Media to Establish Identity and Strengthen Children talents in The Midle of Global Disruption, Jurnal Internasional (2021), Kajian Gerak Wayang Style Sukawati oleh Dalang Suwija, Jurnal nasional (2021), The Ideology of The Creation of The Peteng Bulan Dance for Early Children, Jurnal Internasional (2022). Karya HKI Tari “Bale Agung” No pendaftaran EC002021 32723, 12 Juli 2021, No. pencatatan 000260683. Buku Sejarah Kuliner Gianyar (2019), Buku Sejarah Tenun Gianyar (2019), Karya Triyantra Murti (2025)

Ni Komang Sekar Marhaeni, SSP., M.Si

Ni Komang Sekar Marhaeni, SSP., M.Si., lahir di Abiankapas Kaja pada 30 September 1965. Sebagai seorang Lektor di Program Studi Seni Pedalangan, ia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, yaitu Sarjana Seni Pedalangan dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar dan Magister Kajian Budaya dari Universitas Udayana. Keahliannya meliputi Olah Vokal, Tetembangan Bali, dan Pengetahuan Lakon Pokok, serta mendalami Wayang Tradisi Bali dan Gerak Wayang. Ia telah berkontribusi melalui berbagai karya inovatif, termasuk teater wayang Stri Wiweka dan penelitian tentang wayang Cenk Blonk. Dedikasinya dalam melestarikan seni pedalangan juga terlihat dari keterlibatannya sebagai juri pada berbagai festival seni dan lomba tembang macapat. Kontribusi akademis dan artistiknya menjadikan beliau sosok penting dalam pengembangan seni pertunjukan tradisional.

Sang Nyoman Gede Adhi Santika, M.Sn

Lahir di Denpasar 02 Maret 1995. Ia adalah seorang dosen di Program Studi Seni Pedalangan ISI Bali. Panggilan Sangoman Gede memiliki latar Pendidikan S-1 Seni Pedalangan dan S-2 Penciptaan dan Pengkajian Seni, Sebagai seorang dosen, Sangoman Gede berfokus pada kekaryaan khususnya pada karya seni pertunjukan, beberapa karya yang dilaluinya seperti sebagai koreografer pada pertunjukan berjudul ‘Sangkan Paran Paraga’ Raga-Paraga-Tari yang dipentaskan pada acara Bali Sangga Dwipantara IV Tahun 2024. Sebagai penata Garapan Taman Penasar, kemudian penata vokal pada beberapa teaser baik pada event lokal hingga Internasional, salah satunya menjadi Vokalis/Dalang pada karya ‘Bali Spesial Project’ di acara musik Internasional Soundrenaline. aktif sebagai praktisi seni seperti kesenian Topeng & Arja dan aktif dalam penelitian serta publikasi karya ilmiah di berbagai artikel ilmiah terakreditasi.

Dr. I Ketut Kodi, SSP., M.Si

Dr. I Ketut Kodi, SSP., M.Si adalah seorang seniman tari topeng, pembuat topeng, dalang, dan dosen di Prodi Pedalangan, ISI Bali sejak tahun 1988. Menyelesaikan Pendidikan S1 di ASTI (1988), S2 Kajian Budaya di Universitas Udayana (2006), dan S3 Kajian Budaya di Universitas Udayana (2022). Melahirkan karya-karya seni pertunjukan yang dipentaskan ditingkat daerah, nasional maupun internasional, HKI, karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional, buku-buku seni dan kebudayaan Bali, serta aktif mengikuti forum diskusi seni utamanya sebagai narasumber. Mendapatkan penghargaan Wija Kesuma pada tahun 2000, Satya Lencana XXX tahun 2022, dan
Dharma Kesuma tahun 2025.

Dr. I Ketut Kodi, SSP., M.Si

Dr. I Ketut Kodi, SSP., M.Si adalah seorang seniman tari topeng, pembuat topeng, dalang, dan dosen di Prodi Pedalangan, ISI Bali sejak tahun 1988. Menyelesaikan Pendidikan S1 di ASTI (1988), S2 Kajian Budaya di Universitas Udayana (2006), dan S3 Kajian Budaya di Universitas Udayana (2022). Melahirkan karya-karya seni pertunjukan yang dipentaskan ditingkat daerah, nasional maupun internasional, HKI, karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional, buku-buku seni dan kebudayaan Bali, serta aktif mengikuti forum diskusi seni utamanya sebagai narasumber. Mendapatkan penghargaan Wija Kesuma pada tahun 2000, Satya Lencana XXX tahun 2022, dan
Dharma Kesuma tahun 2025.

Loading...