M

Tentang ISI Bali

Sejarah

Pengantar

Akreditasi

Visi dan Misi

Struktur Organisasi

SAKIP

JDIH

Penghargaan

PPID

Pendidikan

Fakultas Seni Pertunjukan (FSP)

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Pascasarjana

Program Internasional

Alumni

Penelitian

Penelitian, Penciptaan dan Diseminasi Seni dan Desain (P2SD)

Penelitian Disertasi (PDD)

Penelitian Kompetisi Nasional

Penelitian Kerja Sama

Pengabdian

Bali Citta Swabudaya (BCS)

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pusat

Program Studi

ANIMASI

Deskripsi

Program Studi Sarjana Terapan D-4 Animasi di ISI Bali, yang didirikan pada tahun 2022, berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain dan dibuka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 105/D/OT/2022. Program studi ini berpotensi besar dalam mengembangkan sektor industri kreatif bidang animasi di Bali. Dengan menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program studi ini berkomitmen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan, khususnya di subsektor industri kreatif prioritas, yaitu Animasi. Program studi juga berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh melalui kerjasama dengan industri kreatif lokal dan nasional, memberikan pengalaman langsung yang relevan, serta menjembatani kesenjangan antara dunia akademis dan kebutuhan industri animasi yang terus berkembang.

VISI

Mewujudkan Program Studi Animasi sebagai pusat unggulan di bidang animasi berbasis merdeka belajar-kampus merdeka, budaya lokal Bali, dan berdaya saing global.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka memunculkan dan mengembangkan budaya tradisional Bali, sebagai daya saing secara global.
  • Meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pendidikan dan kemajuan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang animasi.
  • Mengembangkan kerjasama antar lembaga yang memiliki bidang terkait secara berkelanjutan.
  • Memantapkan organisasi Program Studi Animasi dalam mencapai kinerja yang optimal untuk mengantisipasi perkembangan.

STRUKTUR ORGANISASI

KOORDINATOR PROGRAM STUDI

I Putu Arya Janottama, S.Sn.,M.Sn

PRANATA LABORATORIUM

STAF PROGRAM STUDI

DOSEN

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Sarjana Terapan D-4 Animasi dapat menggagas, merancang, mendesain, mewujudkan, dan mempresentasikan animasi yang kreatif, inovatif, berbasis kearifan lokal, serta memiliki daya saing global. Mereka juga memiliki kompetensi untuk merancang animasi guna menyelesaikan permasalahan masyarakat yang terkait dengan bidang animasi.

Sebagai lulusan Program Studi Sarjana Terapan D-4 Animasi FSRD ISI Denpasar, mereka memiliki peran sebagai Pengkaji, Pencipta, Penyaji, Pembina, dan Wirausaha di bidang animasi yang berbasis kearifan lokal dan berdaya saing global, sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi.

Pengkaji dan Pembina

Sebagai Pengkaji dan Pembina, mereka memiliki kompetensi analisis dan diproyeksikan sebagai konsultan yang dapat berperan dalam pekerjaan sebagai peneliti, penulis, pendidik (akademisi), dan konseptor.

Pencipta

Sebagai Pencipta, mereka diproyeksikan menjadi Desainer Animasi dan dapat berperan dalam memformulasikan ilmu animasi melalui praktik penciptaan animasi, serta bekerja sebagai illustrator, animator, YouTuber, desainer game, dan content creator.

Penyaji dan Wirausaha

Sebagai Penyaji dan Wirausaha, mereka memiliki kompetensi analisis yang diproyeksikan untuk menjadi entrepreneur, advertiser, creativepreneur, dan art director. Lulusan ini memiliki pasar kerja di perusahaan periklanan, media massa, rumah produksi, distro, dan studio, baik di skala lokal, nasional, maupun internasional.

Dosen

Program Studi Animasi

I Gede Agus Indram Bayu Artha, S.Sn., M.Sn

I Gede Agus Indram Bayu Artha, S.Sn., M.Sn. Lahir di Tabanan, mempunyai hobi menggambar adalah modal untuk menekuni dunia ilustrasi. Dari kecil menggambar selalu menjadi Kegiatan yang disukai, sampai akhirnya mengikuti lomba-lomba dari tingkat SD sampai SMA. Hobi menggambar ini juga mengantarkan menjadi seorang dosen di perguruan tinggi seni yang ada di Denpasar. Menjadi seorang dosen dan ilustrator memang menjadi cita-cita dari kecil. Sejak tahun 2015 sudah menjadi Dosen Animasi & Desain Komunikasi visual di ISI  Bali, mulai tahun 2008 menjadi Guru Multimedia di SMA PGRI 6 Denpasar. Selanjutnya menjadi dosen di tahun 2015 sampai sekarang dengan mengampu matakuliah dianimasi dan desain komunikasi visual. Sudah menghasilkan beberapa buku ilustrasi dan 2 buku cerita bergambar tahun 2023 dan 5 buku cerita bergambar tahun 2024 Balai Bahasa Provinsi Bali. 

I Putu Arya Janottama, S.Sn., M.Sn

I Putu Arya Janottama, S.Sn., M.Sn. Menempuh pendidikan S1 di Jurusan DKV ISI Denpasar dan S2 di Jurusan Pengkajian Seni Pasca Sarjana ISI Denpasar. Beberapa pameran yang diikuti antara lain: Pameran di OPUA Library University Okinawa Jepang (2016), Festival Bali Jani (2018), Pameran Virtual Tumpah Rasa Covid-19 (2020), Bali Dwipantara Adirupa (2021), dan Bali Natta Bhuwana di Universitas Kristen Petra Surabaya (2022). Aktif sebagai juri sampai saat ini, dalam lomba poster, lomba infografis, kemasan tradisional, mewarnai, animasi, dan seleksi ilustrator buku cerita, baik di tingkat provinsi nasional, dan internasional, termasuk di festival Adikara Rupa,FSLLLN, KOPMA, KS2O dan Bulan Bahasa Bali

Dr. Gede Pasek Putra Adnyana Yasa, S.ST., M.Sn.

Dr. Gede Pasek Putra Adnyana Yasa, S.ST., M.Sn. Menamatkan pendidikan D4 Animasi di Institut Teknologi Bandung, Program Pascasarjana (S2) di Institut Seni Indonesia Denpasar, Pengkajian Seni Animasi. Meraih gelar Doktor di Program Doktor (S3) Kajian Budaya, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana kepakaran Animasi dan Budaya Populer. Aktif publikasi ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional. Karya buku: Modeling dan Animasi dengan Autodesk Maya 2014; Animasi, Hypergraph:Hierarchy Maya 3D; Buku Ajar Wawasan Animasi. Bookchapter: Branding Bali dan Budaya Populernya; Desain Komunikasi Visual Era Society 5.0; Dasar-Dasar Animasi: Prinsip, Proses, dan Praktik Kreatif; Mengenal Animasi: Teknik, Teknologi, dan Produksi; Desain Multimedia Anak: Kreatif, Interaktif, dan Inovatif.

Gede Lingga Ananta Kusuma Putra, S.Sn., M.Sn.

Gede Lingga Ananta Kusuma Putra, S.Sn., M.Sn. mulai menjadi dosen di ISI Denpasar sejak tahun 2022, mendapatkan gelar sarjana dan megister di Institut Seni Indonesia Denpasar. Prestasi Nasional & Internasional yang pernah diraih, yaitu Juara 1 Lomba Mural Digital G20 (2022), Juara 1 Lomba Poster Digital BNPB Indonesia ajang Tangguh Award (2022), Juara 1 Lomba Desain Poster Koenjent Indonesia Tiongkok  (2022), Juara 1 Lomba Cipta Maskot KPU Kota Denpasar (2015), Juara 2 Lomba Ilustrasi Gramedia (2022), Juara 2 Lomba Animasi Penerbit Erlangga, Nominator Animasi PLN. Hingga saat ini Sudah menghasilkan 33 buku ilustrasi dan komik, serta 60 buku cerita bergambar dari Balai Bahasa Provinsi Bali.

I Made Hendra Mahajaya Pramayasa, S.Sn., M.Sn.

I Made Hendra Mahajaya Pramayasa, S.Sn., M.Sn. merupakan  dosen Institut Seni Indonesia Bali pada Program Studi Animasi. Menamatkan pendidikan magister di Institut Seni Indonesia Denpasar. Aktif melaksanakan penelitian dan menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional. Aktif mengikuti pameran skala lokal, nasional, maupun international, seperti pameran Natural Colour, pameran Perupa Bali, Pameran FKI, pameran Bhuwana Kanti Bhakti Tirta Bhuwana, pameran Bali Sangga Dwipantara II, pameran internasional Surya Segara Rupa. Aktif membuat gambar ilustrasi untuk buku cerita anak. Karya buku ajar;  Mengenal Animasi: Teknik, Teknologi, dan Produksi.

Vanesa Martida, S.Si., M.Sn

Vanesa Martida, S.Si.,M.Sn menyelesaikan studi sarjana di Universitas Udayana dan magister Seni di ISI Bali (2023) dan kini mengajar di Program Studi Animasi Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Bali. Tahun 2012 hingga 2019 aktif di Bentara Budaya Bali, serta menjadi tim kreatif Pesta Kesenian Bali (2020–2024) dan Festival Bali Jani (2019–2024). Karya seni medianya Jaje Sarad dipamerkan dalam Artidentity (2021). Aktif berkarya audio visual, ia menghasilkan sejumlah film pendek dan dokumenter, termasuk Tantri (2023), Sahasra Warsa Seni Lukis Batuan (2023), Wingkang Ranu (2024), dan I Made Sija, Sang Guru Loka (2024).

Aktivitas

Loading...